Minggu, 17 Maret 2013

Jaringan Komputer Dasar II


Konsentrator
   Jenis-jenis
- Repeater
Repeater adalah sebuah perangkat yang memiliki dua port penguat sinyal. Ia digunakan untuk memperluas koneksi jaringan (kabel atau nirkabel) yang melebihi dari batas maksimal yang diperbolehkan.
- HUB
Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10baseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI.
- Switch
Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC.

Network Interface Card (NIC)
NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
Kabel jaringan
  Jenis-jenis kabel jaringan
-Twisted Pair Cable (UTP)
  adalah sebuah jenis Kabel Jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga,,   yang tidak dilengkapi dengan shield internal.
-Coaxial Cable
Kabel Koaksialadalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Kabel ini banyak digunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas.
- Fiber Optic (F/O)
Kabel Fiber optic adalah sebuah kabel yang terbuat dari serat kaca dengan teknologi canggih dan mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada kabel biasa
Connector
  Jenis-jenis konektor
-Konektor RJ45
Conector RJ-45 adalah kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya
- Konektor ST
Digunakan untuk fiber optic kabel
- Konektor BNC
Konektor ini digunkan untuk jenis kabel Coaxial.



Peralatan jaringan tambahan :
Tang UTP
Tester
Palu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar